Breaking News
Loading...
Friday, January 2, 2015

Amankan Password Anda

11:11 PM

Caliak

Sekilas anda sering meremehkan password, tidak banyak dari kita yang memiliki password yg mudah ditebak, seperti nama belakang, alamat tinggal, nama kekasih, tanggal lahir, "admin1234567", "admin123" dan password yang mudah ditebak lainnya. Bayangkan jika password email utama anda di bobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab, semua data anda data kantor, email pribadi, data internet banking dan lain lain bisa jadi menjadi konsumsi publik. Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Ada beberapa  etika mengenai password:
  1. Jangan pernah menulis password anda di kertas
  2. Jangan menggunakan password yang mudah ditebak
  3. Jangan lupa dengan password penting account anda
  4. Gunakan password berbeda pada setiap account
Untuk poin 3 dan 4 sangatlah sulit diterapkan bukan? Untuk itu saya akan memberikan sebuah tools yang biasa digunakan oleh banyak kalangan profesional IT dalam mengamankan password.


Gunakan password manager, betul sekali password manager sangat berguna dalam pengamanan banyak password, anda hanya perlu mengingat sebuah primary password yang anda gunakan untuk login ke password manager.



Banyak sekali password manager yang telah di rilis, tetapi saya merekomendasikan anda menggunakan LassPass. Mengapa LassPass? Beberapa fitur LassPass sangat nyaman digunakan sebagai password manager, selain itu dengan fitur Password generator anda dapat melakukan generate dengan tingkat kerumitan password sangat tinggi.

Caliak
Password Generator LassPass

LassPass sendiri dapat berjalan multi platform dan multi browser sehingga kita tidak perlu takut jika berada dimanapun, selama ada browser dan koneksi internet tentunya.

Apakah aman? programmer LassPass pastinya sudah tentu memikirkan aspek keamanan dalam aplikasi mereka, tinggal kita dalam menyikapinya hilangkan kebiasaan malas logout. Setiap anda login ke aplikasi LassPass sangat wajib anda harus logout. Harap baca dengan teliti sebelum menggunakan LassPass, semakin anda kostum pengaturan LassPass dengan baik, semakin aman pula password anda. 

Penulis tidak bertanggung jawab atas resiko yg ditimbulkan dalam pemakaian LassPass, artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis sendiri.

Berikut ini screenshoot kostum pengaturan LassPass yang menurut penulis baik:
Caliak
Edit Setting General



Caliak
Edit Setting General


Caliak
Edit Setting Security

10 comments:

 
Toggle Footer